Pages

Subscribe:

Populer Post

Comments

Sabtu, 09 Februari 2013

Kemkominfo Bagikan 30 Kendaraan Penyuluhan Informasi


Jakarta, InfoPublik - Menteri Kominfo Tifatul Sembiring, menyerahkan 15 unit mobil Pusat teknologi Informasi Komunitas dan 15 motor Pustika kepada sejumlah kabupaten dan provinsi.
Kendaraan penyuluh informasi publik roda empat dan roda dua ini merupakan pelaksanaan anggaran 2012 dari Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo.

“Harapan kami kendaraan ini mampu memberikan desiminasi informasi kepada masyarakat di daerah- daerah yang belum terjangkau oleh teknologi informasi yang kian maju seperti TV dan internet,” ujar Menteri Kominfo Tifatul Sembiring dalam acara penyerahan bantuan m-Pustika di halaman depan kantor Kominfo Jakarta, Rabu (6/2).
Menurut Tifatul, mobil dan motor Pustika ini merupakan kendaraan penyuluhan informasi publik sebagai salah satu upaya untuk mencapai masyarakat informasi Indonesia, dengan prioritas penyebaran informasi pada daerah tertinggal, terpencil, terluar, rawan bencana, dan konflik.
Penyerahan bantuan seperti ini, jelas Tifatul, bukan yang pertama kali dilakukan oleh Kementerioan Kominfo bahkan sudah rutin dilakukan sejak beberapa tahun lalu. “Bantuan ini sesungguhnya merupakan wujud kepedulian dan komitmen Kementerian Kominfo yang turut serta secara aktif dan konkret mendorong seluruh pemda di Tanah Air agar aktif dan berkesinambungan melakukan sosialisasi, edukasi dan berbagai bentuk penerangan kepada masyarakat luas tentang berbagai hal kebijakan pemerintah pusat dan daerah,” ujarnya.
Tifatul juga berpesan, jajaran pemda tidak hanya menyampaikan informasi publik secara satu arah, tetapi harus bersifat interaktif. Kementerian Kominfo sudah memberikan bantuan pengadaan kendaraan penyuluhan informasi publik dari tahun 2005 sampai 2012 sebanyak 73 unit mobil.
M-Pustika dilengkapi LCD proyektor, note book, modem,printer, genset, handy talky, DVD player, sound system masing-masing 1 unit mixing amplifier, 2 speaker, 1 unit VHF receiver system, 1 set stand tripod/bracket gantung speaker, camera digital, emergency lamp, pemadam api, horn speaker, screen LCD, stabilizer, kabel extention, handy camp, inverter, TV plasma 50 inc, kursi putar, air condition, tripod proyektor, dan jack stand.
Sementara untuk roda dua peralatan dan perlengkapan sepeda motor penerangan seperti kompartement tengah jok untuk tempat genset, box samping untuk tempat netbook dan LCD projector, serta box belakang untuk amplifier TOA.
Baik mobil maupun roda dua Pustika peralatan dan perlengkapannya di produksi PT Central Auto Comperindo Bogor, sedangkan mobil yang digunakan merek Isuzu Bison dan roda dua merek Honda Mega Pro.(rm)

0 komentar:

Posting Komentar